UKAW

UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa FKIP UKAW Kupang

...meningkatkan wawasan pengetahuan tentang artikel ilmiah yang baik dan benar, Memotivasi mahasiswa untuk mempelajari penulisan ilmiah secara utuh dan menyeluruh, dan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah secara baik dan benar.

Kupang, 9 November 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah selama dua hari pada 7-8 November 2024. Kegiatan ini dikoordinir oleh Wakil Dekan III FKIP, M. Rambu P. Wasak, S.Pd., M.Pd., dan Erny S. N. Hambandima, S.Pd., M.Pd.sebagai Ketua Panitia Pelaksana.

Foto bersama Peserta dan Panitia Pelaksana Kegiatan

Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP UKAW, Dra. Anggreini D.N. Rupidara, M.Si., Ph.D., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya kemampuan penulisan ilmiah bagi mahasiswa sebagai dasar dalam membangun kompetensi akademis dan riset. “Melalui pelatihan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami teknik penulisan ilmiah yang benar, sehingga mereka bisa menghasilkan karya yang berkualitas dan sesuai standar akademik,” ujarnya.

Pelatihan menghadirkan empat narasumber yang berpengalaman di bidangnya, yaitu Andriani Rafael, S.Si., M.Si., Ph.D., James Ngginak, S.Pd., M.Si., Donny M. Bessie, S.Pi., M.Si., dan Mesry W. N. Manafe, SE., M.Sc. Keempat narasumber memberikan materi yang mencakup berbagai aspek penting dalam penulisan artikel ilmiah, mulai dari struktur dan etika penulisan, teknik pengumpulan data, analisis data, hingga pemahaman tentang plagiarisme dan cara menghindarinya.

Peserta pelatihan ini berasal dari empat program studi di FKIP UKAW, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), serta Ilmu Pendidikan Teologi. Setiap program studi mengirimkan sepuluh mahasiswa semester 5-9, yang didampingi oleh seorang dosen pendamping.

Foto bersama Peserta dan Panitia Pelaksana Kegiatan

Sebagai tindak lanjut, para dosen pendamping akan terus mendampingi mahasiswa dalam menyiapkan artikel ilmiah sebagai luaran dari pelatihan ini. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat keterampilan riset mahasiswa dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk berkarya di dunia akademis.