UKAW

UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA

Kuliah Umum: MEMBACA ALKITAB BERSAMA JEMAAT

Kuliah Umum: MEMBACA ALKITAB BERSAMA JEMAAT

Narasumber: Prof. Roberth Setio, Ph.D (Dekan Fak. Teologi UKDW)

Moderator: Dr. Welfrit Ruku, S.Th., M.Th (Dekan Fak. Teologi UKAW) Link materi: https://docs.google.com/presentation/…

Catatan Ringkas:

Membaca Alkitab bersama jemaat merupakan upaya untuk memahami teks suci dalam konteks yang dinamis dan kompleks. Pendekatan hermeneutik-fenomenologi dapat membantu menjembatani teks masa lalu dengan pembaca masa kini, serta mendorong transformasi dan inklusi.

Anda mungkin tertarik dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

Point-point:

  • Membaca Alkitab bersama Jemaat memberikan nuansa baru bagi pertumbuhan iman, dengan harapan adik-adik mahasiswa dapat menyimpan pengalaman dan kontribusi dari kuliah umum ini dalam ingatan mereka.
  • Pentingnya referensi filsafat dalam pendidikan teologi untuk memberikan landasan pemahaman kepada jemaat, sehingga mengembangkan gereja melalui pendekatan hermeneutik fenomenologi sebagai upaya inklusif dalam studi Alkitab.
  • Studi Alkitab membutuhkan kerangka kerja hermeneutik fenomenologi yang menekankan pengalaman hidup dan konteks eksistensial pembaca, membantu memahami teks secara mendalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang menggabungkan teori respon pembaca dan kritik ideologi dapat memberikan nilai tambah dalam hermeneutik Alkitab.
  • Membaca Alkitab tidak hanya untuk mengetahui masa lalu, tetapi juga menggali siapa diri kita seiring pertumbuhan, menjelajahi makna-makna dalam cerita yang menginspirasi pertanyaan-pertanyaan besar dalam hidup.
  • Pemaknaan dalam kehidupan sehari-hari bisa diinterpretasikan secara berbeda, dan konstruksi makna tidak selalu berakhir dengan harmoni dalam komunitas. Perbedaan pandangan bisa menyebabkan ketegangan, terutama dalam konteks hierarki dan kebebasan berekspresi.
  • Kritik ideologi terhadap Alkitab penting untuk mengidentifikasi dan menganalisis struktur kekuasaan yang ada di dalamnya, menjaga agar pembacaan tidak menjadi terlalu subjektif dan tetap kritis.
  • Pentingnya sikap kritis dalam membaca Alkitab dan menciptakan ruang berdialog untuk transformasi dan inklusivitas. Fenomenologi sebagai metode penelitian untuk memahami esensi universal di luar konteks budaya.
  • Membaca Alkitab bersama jemaat membangun kesadaran untuk memahami teks suci dalam konteks dinamis dan kompleks. Ini mengungkap ketidakadilan hermeneutik dan mendukung interpretasi Alkitab yang inklusif dan kritis.
  • Bagaimana cara membaca Alkitab bersama jemaat yang berprofesi nelayan, petani, tukang ojek, dan lainnya? Metode inklusif dengan visualisasi dan penyederhanaan teks membantu keterlibatan jemaat dalam membaca Alkitab.
  • Penelitian fenomenologi dalam teologi kontekstual menggali pemahaman mendalam tentang budaya dan teks Alkitab, memperkuat komunitas beriman untuk membaca Alkitab secara transformatif.
  • Membaca Alkitab secara digital dengan HP menjadi topik kontroversial dalam gereja saat ini, menghadirkan pertanyaan tentang kualitas pemahaman dan kesucian Alkitab. (114 to 118 kata)
  • Membaca Alkitab bersama Jemaat menjadi tren yang berkembang dari teologi pembebasan di Amerika Latin hingga ke Indonesia, melibatkan orang terdidik dan awam, dengan fokus pada transformasi dan dialog antar teolog dan awam.
https://resource.co.nz/ https://pola777.vip/ https://bloggerjogja.org/ https://disparpora.pangkepkab.go.id/wp-content/pl7/ https://disparpora.pangkepkab.go.id/wp-content/s200/ https://bpkad.kuburayakab.go.id/PORTAL/a1slot/ https://biroekonomi.kalbarprov.go.id/web/gcr7/ https://asndinkes.sbbkab.go.id/pages/idn/ https://bpkad.kuburayakab.go.id/PORTAL/idns/ https://bpkad.kuburayakab.go.id/PORTAL/stoto/ https://simbaja.kapuashulukab.go.id/scss/s777/ situs toto nexus slot idn slot gacor scatter hitam https://sipp.pn-pandeglang.go.id/asatu/ slot777 sbobet