UKAW

UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA

MAHASISWA UKAW LAKUKAN DESIMINASI MODEL PEMBELAJARAN DI SMPS SWADAYA TARUS

Dalam rangka mendukung implementasi kurikulum merdeka, dirasa perlu untuk meningkatkan kompetensi mengajar guru melalui penguasaan model model pembelajaran yang bervariatif, oleh karena itu Mahasiswa kelas strategi pembelajaran dari Program Studi Pendidikan biologi – UKAW, melakukan kegiatan desiminasi model pembelajaran bagi guru-guru di SMPS Swadaya Tarus. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salahsatu bentuk pelaksanaan ujian akhir semester bagi mahasiswa. Kegiatan desiminasi dilakukan dengan melibatkan guru sebagai evaluator untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam melakukan desiminasi, kemampuan mahasiswa dalam berargumentasi, serta kemampuan mahasiswa dalam mendesain poster model pembelajaran.  Adapun model pembelajaran yang didesiminasikan yaitu model pembelajaran Inquiri, Model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran tematik, model pembelajaran RQA,  project based learning, dan model discovery learning.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2023 dan diikuti oleh guru SMPS Swadaya Tarus sebanyak 6 orang yaitu : Hery Elimanafe, S.Pd,  Karel Mone, S.Pd, Agustina Berek, S.Pd, Yarten Muris, S.Sn, Ony Octavia Lali, S.Pd, Vester Klau, S.Pd.

Agus Maramba Meha, M.Pd, selaku dosen pengampu matakuliah strategi pembelajaran berharap melalui kegiatan desiminasi model pembelajaran di Sekolah, dapat memberi pengalaman tambahan bagi mahasiswa dalam mengasah kemampuan berkerjasama sama dengan pihak sekolah dan menumbuhkan budaya kolaborasi antara kampus dan sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, selain itu juga memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa dalam perkuliahan lapangan yang lebih nyata yaitu sekolah.  Agus juga menambahkan agar guru guru di SMPS Swadaya Tarus dapat menindaklanjuti kegiatan ini dengan menerapkan model model pembelajaran yang  bervariasi didalam kelas.

Selanjutnya Ony Octavia Lali, S. Pd selaku Wakasek kurikulum mengungkapkan rasa terimakasih kepada mahasiswa dan dosen matakuliah strategi pemeblajaran yang telah berkenan berbagi informasi penting terkait model pembelajaran yang bervariatif yang dapat diterapkan oleh guru guru di sekolah, sehingga pembelajaran di SMPS Swadaya Tarus semakin berkualitas. Beliau juga menegaskan bahwa SMPS Swadaya Tarus sangat terbuka untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru dapat melakukan kolaborasi dengan sekolah pada kegiatan kegiatan lainya dimasa yang akan datang. Adapuna nama nama mahasiswa yang melaksanakan kegiatan desiminasi yaitu, Inggrit Boys, Apriani Dju Tenga, Irna Tahun, Yudit Oematan, Desi Kambu, Rosalin Pinto, dan Weny Johanis.  Selain melakukan desiminasi, mahasiswa juga menyumbangkan karya poster model pembelajaran bagi SMPS Swadaya Tarus, dengan harap guru dapat menerapkanya dalam pembelajaran. (*_AgusMeha)

https://resource.co.nz/ https://pola777.vip/ https://bloggerjogja.org/ https://disparpora.pangkepkab.go.id/wp-content/pl7/ https://disparpora.pangkepkab.go.id/wp-content/s200/ https://bpkad.kuburayakab.go.id/PORTAL/a1slot/ https://biroekonomi.kalbarprov.go.id/web/gcr7/ https://asndinkes.sbbkab.go.id/pages/idn/ https://bpkad.kuburayakab.go.id/PORTAL/idns/ https://bpkad.kuburayakab.go.id/PORTAL/stoto/ https://simbaja.kapuashulukab.go.id/scss/s777/ situs toto nexus slot idn slot gacor scatter hitam https://sipp.pn-pandeglang.go.id/asatu/ slot777 sbobet