UKAW

UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA

PELATIHAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN KACANG TEPUNG DAN SELAI KACANG TANAH DI DESA TOLNAKU

Pada Kegiatan Belajar dan Pendampingan Masyarakat Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 Dosen pendampingan Lapangan mendapatkan data bahwa Desa Tolnaku memiliki potensi di bidang Pertanian antara lain produksi kacang tanah, kelapa, jambu mete, daun serai. Dan jahe. Pada pihak lain masyarakat desa Tolnaku memiliki keterbatasan Ilmu Pengetahuan dan teknologi untuk melakukan pengolahan hasil pertanian tersebut. Atas dasar itulah dosen dan mahasiswa melakukan kegiatan pelatihan teknologi pengolahan Kacang Tepung Manis, Selai Kacang dan Sabun beraroma Serai dan jahe.

Pada tanggal 26 Agustus yang lalu pada sesi pertama Ir. Melkianus Nuhamara,MP mendemonstrasikan pengolahan kacang tepung manis dan pengolahan Selai Kacang tanah. Kegiatan ini diikuti oleh belasan kelompok tani  dan tokoh masyarakat desa Tolnaku serta didampingi oleh mahasiswa KBPM.

Pada sesi kedua Ibu Mery R. Djoru, SP., M.Si mendemonstrasikan pembuatan Sabun Batangan beraroma Serai dan Jahe. Hasilnya masyarakat sangat senang dan tertarik untuk menjadikan kedua produk tersebut sebagai bidang usaha baru untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Pengetahuan dan ketraampilan yang diperoleh tersebut menjadi modal usaha baru yang sangat menjanjikan. Masyarakat berharap agar ke depan lebih banyak lagi Iptek yang dapat diterapkan di desa Tolnaku.