UKAW

UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA

DEKAN FPIK UKAW MENGHADIRI PERTEMUAN FORUM PIMPINAN PT DI UNIVERSITAS KHIRUL, TERNATE MALUKU UTARA

Dekan FPIK UKAW (Umbu P.L. Dawa, M.Sc., S.Pi) bersama Dewan BAN PT (Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto M.S.C.)

DEKAN FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UKAW MENGHADIRI PERTEMUAN FORUM PIMPINAN PERGURUAN TINGGI PERIKANAN DAN KELAUTAN INDONESIA (FP2TPKI) DI UNIVERSITAS KHIRUL, TERNATE MALUKU UTARA, 16-19 MEI 2022

Pertemuan ke-1 Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) yang berlangsung berlangsung di Ternate-Maluku Utara yang dibuka tanggal 16 Mei 2022 di Balai Pertemuan Sahid Bela Ternate Maluku Utara.  Sebagai tuan rumah pertemuan ke-1 adalah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairul. Tema Penguatan Teknologi dan Manajemen Pesisir Berkelanjuta, Menjawab Tantangan Krisis Pangan, Energi, dan Iklim Global. Kegiatan FP2TPKI dirangkaikan dengan Simposium Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia 3rd International Conference on Fisheries andn Marine (ICFM-3) dan Seminar Nasional yang di programkan FPIK Universitas Khairul.

Tahun 2022 jumlah anggota FP2TPKI meningkat dibanding tahun sebelumnya menjadi 137 anggota dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Fakultas/Program Studi bidang perikanan dan kelautan. Pertemuan FP2TPKI dilakukan dua kali dalam setahun. Pada pertemuan ke-1 FP2TPKI tahun 2022 ini dihadiri oleh 102 peserta anggota FP2TPKI. Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Dekan FPIK Unkhair (Dr. M. Janib Achmad., S.Pi., M.Sc), sambutan Wakil Rektor I Unkhair, Sambutan Ketua FP2TPKI yang disampaikan oleh Wakil Ketua Dr. Ir. T. Ersti Yulika Sari., S.Pi., M.Si (Dekan FPIK Universitas Raja Ali Haji, Dalam sambutannya, menegaskan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI) yang merupakan forum para Dekan, Ketua Departemen/Jurusan dan Koordinator/Ketua Program Studi Bidang Ilmu Perikanan dan Kelautan yang anggotanya saat ini tercatat 137 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. P2TPKI ikut bertanggung jawab bergerak bersama stakeholder (pemangku kepentingan) lainnya mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan pengembangan pendidika kelautan dan perikanan di Indonesia. Sambutan Gubernur Maluku Utara sekaligus mebuka kegiatan Pertemuan Nasional  dan Lokakarya dimaksud.

Kehadiran Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UKAW pada Forum ini hadir sebagai Stering Comite pelaksanaan kegiatan FP2TPKI sekaligus dipercayakan Koordinator Divisi Akademik dengan beberapa Fakultas yang betanggungjawab terhadap pengembangan akademik yang mencakup Pengembangan MBKM dengan koordinator Dekan Universitas Brawijaya, penyusunan Book Chapter SDGs 14 koordinator Fekan FPIK UNPAD, penyusunan Book Chapter EAFM koordinator oleh Dekan FPIK UNSYIAH, Fish Processing Traditional Products koordinator Dekan FPIK UNLAM bersama Dekan FPIK Universita Halu Oleo sebagai Ketua FP2TPKI, Dekan FPIK Universitas Raja Ali Haji sebagai wakil ketua, Penanggungjawab Pertemuan 1 FP2TPKI oleh Dekan FPIK UNKHAIR dan Penanggungjawab Pertemuan 2 FP2TPKI oleh Dekan FPIK UNDIP. Kehadiran FPIK UKAW di kancah Nasional membawa keberuntungan tersendiri karena mendapatkan pemaparan materi-materi penting yang berkeaitan denagn Tri Dharma Perguruan Tinggi, materi berkaitan dengan pengembangan jejaring, materi tentang program MBKM dan materi yang berkaitan akreditas program studi dan institusi yang dijelaskan langsung oleh Prof. Ari Purbayanto sebagai Ketua Dewan BAN PT.

(Sumber: UPD-FPIK-UKAW)