UKAW

UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA

Kegiatan Pengembangan Diri dan Wawasan Ilmia (PEDIWI) Mahasiswa FPIK UKAW (13 November 2021)

Kegiatan Pengembangan Diri dan Wawasan Ilmia (PEDIWI) Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan- Universitas Kristen Artha Wacana Tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 13  November 2021 dilaksanakan secara hybrid (offline dan online). Pemaparan materi secara offline oleh George M. Hadjoh, SH, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT di kampus UKAW.  dalam penyampaian materi yang di sampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT, mengajak seluruh mahasiswa untuk berpartisipasi dalam membangun perikanan yang ada di NTT, karena NTT memiliki potensi sumberdaya perikanan dan kelautan yang belum dioptimalkan dan dimanfaatkan secara maksimal. 

Pada kesempatan tersebut, Kadis DKP Propvinsi NTT mengajak mahasiswa untuk bisa menggunakan berbagai fasilitas yang dimiliki oleh DKP Provinsi NTT dalam kegiatan penelitian dan pengembangan sumberdaya perikanan terutama fasilitas lab kultur jaringan rumput laut yang menjadi produk unggulan dari NTT selain garam. Pembenahan laboratorium Perikanan Pantai Tablolong diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat khususnya pelaku pembudidaya rumput laut dalam pengadaan bibit rumput laut.  Pengembangan pengolahan hasil perikanan dan budidaya juga menjadi prioritas pembangunan perikanan di NTT.

Pemaparan materi kedua secara online menggunakan media zoom meeting disampaikan oleh Pristony S. Bella, A.Pi dari Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kupang. Materi yang di sampaikan menitiberatkan pada aspek peran Stasiun KIPM Kupang dalam menjamin keamanan hasil perikanan sesuai regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah dari hulu sampai hilir, pengawasan terhadap mutu produk hasil perikanan melalui proses sertifikasi PMMT/HACCP. 

Peran Stasiun KIPM Kupang juga disampaikan dalam penyampaian materi pada kegiatan PEDIWI mahasiwa FPIK Tahun 2021.  Pada kegiatan PEDIWI tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kerja sama antara Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Penandatanganan kerjasama yang dilakukan diharapkan bukan saja kesepakatan diatas kertas tetapi diwujudkan dalam beberapa tindakan nyata yang harus dilakukan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-UKAW dalam mendukung dan memajukan pembangunan perikanan yang ada di NTT. 

Harus adanya tindakan nyata yang dilakukan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan –UKAW dalam mendukung pembangunan perikanan dan kelautan NTT.  Harapan tersebut disampaikan oleh Rektor UKAW, Dr. Ir Ayub U. Meko, M.Si dalam sambutannya, begitu juga harapan dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT dalam penyampaian materi kepada mahasiswa peserta kegiatan PEDIWI. *NT-FPIK UKAW