UKAW

UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA

PELATIHAN OLEH FPIk-UKAW

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UKAW MEMBERIKAN PELATIHAN DIVERSIFIKASI OLAHAN PERIKANAN TERHADAP PEMUDA GMIT RAYON IX JEMAAT GENESARETH DANAU INA LASIANA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19.

Dewi S. Gadi1, Umbu P. L. Dawa1, Mada M. Lakapu1, Tantri Rambu Dauki1, Anggreni R. Karaji, Maxi K. Teul, Dewanto U. S. Anakaka, Sara Berpelai1, Olifer Laiputa1, Devidson N. Tara1, Aldi U.M. Sabakodi1, Frengky Labu1

Latar Belakang

            Produk olahan hasil perikanan telah diupayakan oleh kelompok pemuda dan masih perlu dikembangkan usahanya dengan penguatan kapasitas dalam hal manajemen produksi selama masa pandemic covid-19. Melihat usaha yang telah dilakukan oleh kelompok tersebut yang pendampingannya saat ini  dilakukan secara terbatas oleh presbiter, telah dicobakan dan menghasilkan produk olahan seperti bakso ikan, nuget ikan, kaki naga, dan stik ikan tetapi masih bersifat sangat sederhana dan harus terus dikembangkan. Dari sisi kondisi ekonomi rata-rata 60% jumlah pemuda yang kehilangan pekerjaan tetap selama pandemic covid-19, sehingga PkM dalam rangka meningkatkan kapasitas pemuda khususnya di Rayon IX GMIT Jemaat Genesaret Danau Ina Lasiana. Kehadiran kelompok pengolahan hasil perikanan selama masa pandemic covid-19  akan membantu pemuda untuk meningkatkan usaha agar memiliki pendapatan tetap. Disatu sisi kehadiran kelompok tersebut merupakan aset Gereja dalam pengembangan usaha kelompok untuk meningkatkan pendapatan keluarga dengan membuat produk olahan perikanan, tetapi dalam produksinya masih berskala sangat kecil sehingga pemasarannya masih dikalangan sendiri. Melihat ada peluang pengembangan produksi selama masa pandemic covid-19 untuk meningkatan pendapatan keluarga, maka usaha untuk meningkatkan ekonomi jemaat dan masyarakat menjadi perhatian yang perlu ditindaklanjuti oleh pemuda melalui pengembangan kegiatan yang merangsang daya inovasi jemaat dan masyarakat untuk lebih mandiri dan sejahtera. Hal inilah yang mendorong agar adanya usaha  diversifikasi olahan perikanan Pemuda Rayon IX GMIT Jemaat Genesaret Danau Ina Lasiana Selama Masa Pandemi Covid-19.

Permasalahan Mitra 

            Kelompok usaha produk olahan hasil perikanan yang dikerjakan oleh pemuda berdasarkan hasil diskusi awal bahwa kelompok pemuda yang melaksanakan usaha tersebut adalah mereka yang masih terbatas dalam pengetahuan yang berhubungan dengan teknik pengolahan, teknik pengemasan,  pemasaran produk yang dihasilkan dan analisa usaha sederhana yang dapat dijadikan panduan untuk melakukan usaha kelompok yang mandiri. Diharapkan  dengan adanya usaha  diversifikasi olahan perikanan pemuda rayon IX  Jemaat Genesaret Danau Ina Lasiana Selama Masa Pandemi Covid-19 dapat  mentransfer    ilmu    dan    teknologi    berbasis  masyarakat  (PKM), para mitra/pengelolah produk perikanan memiliki  kemampuan dan keterampilan dalam mengatasi setiap persoalan untuk pencapaian kemajuan usaha dan peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Tujuan Pengabdian

Adapun tujuan dari dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk peningkatan pengetahuan pemuda rayon IX  GMIT Jemaat Genesaret Danau Ina Lasiana tentang teknik Diversifikasi Pengolahan Hasil Perikanan. Tujuan pengabdian ini mengacu pada permasalahan dan Analisa situasi mitra. 

Dengan adanya kegiatan PkM yang dilaksanakan oleh Dosen, beberapa mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk belajar dalam mempraktekkan ilmu pengetahuan yang telah mereka peroleh serta terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. 

Ketua Kelompok (Elsi Rambu Newa) menyampaikan terima kasih atas kesempatan belajar yang dilaksanakan oleh FPIK UKAW. Kami akan memanfaatkan kesempatan ini untuk tetap belajar dan mengembangkan diri dalam kegiatan diversifikasi pengolahan hasil perikanan. Sekiranya jika ada lagi kegiatan PkM yang akan datang maka kami tetap berharap kita bermitra, jika perlu bermitra hingga tingkat jemaat agar pelibatan pemuda lebih banyak lagi ***