Penelitian Dan Publikasi


Thumb

Kegiatan penelitian dan publikasi dikelola oleh Lembaga Penelitian UKAW (Lemlit UKAW). Setiap tahun berbagai skim penelitian pada aras internasional dan aras nasional dilakukan oleh dosen UKAW dengan memanfaatkan kerjasama / networking dengan beberapa universitas di luar negeri, seperti CRM (Coastal Resources Management Consortium) yang merupakan konsorsium peneliti dari Universitas Kristen Artha Wacana, Silliman Christian University Philipina, Universitas Sam Ratulangi Manado, Madras Christian Collage di India. Selain itu topic penelitian penelitian juga berkaitan dengan Interreligious Understanding and Peace Education yaitu Kajian mengenai konflik, hubungan antar budaya / agama, dan Cultural Heritage Studies atau yang juga dikenal dengan kajian mengenai kearifan local / Local Knowledge, Penelitian dan kajian ini dilakukan bersama dengan beberapa perguruan tinggi di Asia, atas dukungan UBCHEA (the united board of Christian higher education in Asia)

Penelitian aras Nasional dan Penelitian tematik bidang ilmu dilakukan dengan memanfaatkan skim bantuan Dirjen Dikti melalui DP2M meliputi : penelitian dosen muda, hibah bersaing, hibah stranas dan hibah kerjasama luar negeri dan publikasi internasional. Selain memanfaatkan danah hibah, penelitian juga dirancang untuk memanfaatkan dana yang berasal dari jejaring yang telah dibangun.

Universitas Kristen Artha Wacana memiliki tenaga peneliti dari berbagai latar belakang disiplin ilmu, berbagai penelitian lokal, nasional bahkan internasional telah dihasilkan oleh peneliti-peneliti UKAW. Penelitian dilakukan melalui kerjasama berbagai institusi. Setiap tahun belasan proyek penelitian dikerjakan oleh tenaga peneliti seperti : Dr. Fritz O Fanggidae , Dr. Wilson Tisera, Dr. Yohanes Meryanto, Dr. Lince Pellu, Dr. Yohanes Kiuk, Dr.Nitanel Hendrik, Dr.Alfred Kase, Dr.Mesakh Dethan, Dr.Johny Lumba, Dr. Yunus Inabuy, Dr. Fred Djarawelem, Dr. Nico Woly, Dr. Telnoni, Dr. Mery Kolimon. Dr. Alfred Doeka, Dr.Magdalena Ngongo dan beberapa penulis yunior lainnya.