Home / Fakultas Dan Program Studi / Teologi

Fakultas Teologi


Thumb
 
JABATAN NAMA
 
Dekan  : Pdt.Dra.Maria.Pada,STh 
WAKIL DEKAN 1  : Pdt. Dr. Adriana Tunliu
WAKIL DEKAN 2      : Pdt. A.Kalemudji, MSi
WAKIL DEKAN 3      : Pdt. Thomas Ly, STh, MTh 

 

Fakultas Teologi UKAW Kupang bermula dari Akademi Theologia Kupang yang didirikan pada 8 Februari 1971. Akademi Theologia ini didirikan oleh dua gereja, yaitu Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) dan Gereja Kristen Sumba (GKS). Tujuannya ialah untuk mendidik calon pendeta yang berkualitas pendidikan tinggi yang mampu melayani di desa dan di kota. Orientasi studinya adalah orientasi pedesaan. Pada tahun 1980 kedua gereja pendiri sepakat meningkatkan status Akademi Theologia ini menjadi Sekolah Tinggi Theologia Kupang. Akan tetapi oleh karena perkembangan pendidikan di Indonesia pada tahun-tahun itu maka kedua gereja pendiri sepakat untuk mengembangkan Sekolah Tinggi Theologia Kupang menjadi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang pada tahun 1985. Maka pada 4 September dengan resmi berdirilah Universitas Kristen Artha Wacana Kupang dan Sekolah Tinggi Theologia Kupang menjadi Fakultas Teologi di dalam Universitas ini.

Sejak tahun 2014, seiring dengan semakin terbatasnya kemampuan kedua Gereja (GMIT dan GKS) untuk menerima output dari Fakultas Teologi, maka orientasi studi sebagai lembaga yang menghasilkan “calon pendeta” mulai dikembangkan dan terbuka untuk calon sarjana yang dipersiapkan menguasai ilmu Teologi untuk masuk ke pasar tenaga kerja tidak saja sebagai “Calon Pendeta” namun juga sebagai lulusan yang memiliki latar belakang ilmu Teologi dalam kaitan dengan kemungkinan bekerja di berbagai sektor.

Program studi Teologi saat ini (2015) telah memperoleh status akreditasi oleh BAN-PT dengan grade “B”. Demikian pula secara internasional lembaga ATESEA (perhimpunan sekolah tinggi Teologi se Asia) telah mengakui kualitas program studi Teologi dengan kualifikasi “Sangat Baik”.

Visi

  1. Menjadikan Fakultas Teologi UKAW sebagai lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia Timur pada tahun 2016, khususnya dalam menggumuli perjumpaan kekristenan dengan budaya lokal demi perwujudan pelayanan gereja yang kontekstual, di tengah tantangan lokal dan global.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran sebagai bagian dari tugas mulia yang diamanatkan oleh Tuhan, dengan mengutamakan nilai-nilai kristiani.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan mengupayakan pengembangan di bidang teologi, terutama untuk mencari nisbah antara teologi sebagai ilmu dan teologi sebagai aplikasi praktis.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan yang melayani gereja dan masyarakat, sebagai tindakan operasionalisasi ilmu yang berorientasi pada komunitas etnis pedesaan, dalam interaksi dinamis dengan masyarakat global.

Fakultas Teologi UKAW kini memiliki 417 mahasiswa program S1 dan telah menghasilkan sebanyak 1485 lulusan, yang tersebar di berbagai daerah pedesaan di provinsi NTT. Fakultas Teologi memiliki 13 tenaga dosen yang memiliki kapasitas ilmu di bidangnya, serta 8 dosen luar biasa dengan jenjang pendidikan S2 dan S3 yang keahliannya sesuai dengan mata-mata kuliah yang diampu. Untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan studi, sejumlah kelengkapan baik sarana maupun prasarana tersedia bagi penyelenggaraan program studi Teologi. Seperti Asrama Mahasiswa, Kapela, Proses melanjutkan studi ke program Pasca Sarjana langsung di UKAW, Perpustakaan Fakultas yang memadai dan laboratorium lapangan.