Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan


Thumb
 
JABATAN NAMA
 
DEKAN  : Ir. Yohannes Meryyanto, MSi,PhD
WAKIL DEKAN 1  : Umbu Dawa, SPi, MSc
WAKIL DEKAN 2      : Ovie Ningsih, SPi, MSi 
WAKIL DEKAN 3  : Dr. Alfred G.O. Kase,SPi, MSi
KETUA PRODI MSP : Donny M. Bessie,SPi,MSi
KETUA PRODI THP  : Dra.Welma Pesolima, MSi

 

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) merupakan Fakultas Termuda di UKAW. Pembukaan fakultas ini diawali sejak tahun 1995 (1 Juli 1995) ketika itu pada Fakultas Pertanian UKAW bertambah satu program studi baru yaitu program studi Perikanan, yang merupakan cikal bakal Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan saat ini. Namun seiring dengan semakin berkembangnya jurusan ini maka pada tahun 2001, (3 september 2001) jurusan Perikanan dipisahkan dari fakultas Pertanian dan dideklarasi menjadi FAKULTAS PERIKANAN yang merupakan fakultas keenam di lingkungan UKAW. Fakultas Perikanan mengelola dua program studi yakni “Teknologi Hasil Perikanan (THP) dan Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP)” pada jenjang strata satu (Sarjana)

Sejak tahun 2013 Fakultas Perikanan dikembangkan dan berubah menjadi ‘FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN” namun tetap dengan mengelola 2 program studi, yaitu Teknologi Hasil Perikanan (THP) dan Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP)”. Program Studi THP didesain untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi utama dalam penguasaan bidang ilmu teknologi pasca panen dan pengolahan hasil perikanan yang ramah lingkungan, efisien, dan memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Sedangkan program studi MSP didesain untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi utama penguasaan bidang ilmu yang berkaitan dengan prinsip-prinsip manajemen sumber daya dalam kaitan dengan pemberdayaan masyarakat pesisir dan sekitarnya.

Proses akademik didukung oleh sejumlah dosen tetap (3 diantaranya bergelar doctor) satu kandidat doctor dan 13 Dosen magister dengan bidang ilmu yang relevan. Sarana seperti laboratorium hasil analisis, Laboratorium lapangan (Field Station) Laboratorium keteknikan dan Laboratorium Komputer milik sendiri juga menjadi daya Tarik tersendiri bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.